Mrigari Sang Pemburu

Suatu ketika, resi agung Narada sedang dalam perjalanan melalui hutan untuk mandi di pertemuan tiga sungai suci, Gangga, Yamuna dan Sarasvati .. Saat dia berjalan, dia menemukan seekor rusa yang tergeletak di jalan setapak. Dia melihat bahwa hewan itu tertusuk panah, kakinya patah, dan menggeliat kesakitan. Beberapa langkah ke depan, Narada melihat seekor babi hutan, yang juga memiliki anggota tubuh yang patah dan tampaknya kesakitan. Ketika dia melangkah lebih jauh lagi, dia melihat seekor kelinci mengalami nasib yang sama. Rsi Narada sedih melihat hewan-hewan ini dalam penderitaan. Saat Narada Muni maju lebih jauh, dia melihat seorang pemburu di belakang pohon, dilengkapi dengan busur dan anak panah, dan bersiap untuk membunuh. Pemburu itu tampak galak, dengan mata kemerahan. Saat Narada meninggalkan jalan setapak di hutan, menuju ke pemburu, semua burung dan hewan segera melihatnya dan melarikan diri. Melihat hewan-hewan itu kabur, pemburu itu kesal dan ingin menegur Narada. Tapi dia menahan diri untuk tidak menyakiti Narada Muni. Menenangkan dirinya, dia bertanya, “Oh, resi yang agung! Mengapa Anda meninggalkan jalan dan datang ke arah saya? Hanya dengan melihat Anda, semua hewan yang saya buru telah melarikan diri ”. Narada Muni menjawab, “Saya datang kepada Anda dengan keraguan dalam pikiran saya. Saya bertanya-tanya apakah babi hutan dan hewan lainnya yang dibunuh adalah milik Anda ”. Pemburu itu menjawab, 'Ya, saya telah meninggalkan mereka dalam kondisi itu ".

Narada Muni bertanya mengapa dia tidak membunuh hewan . Pemburu itu menjawab, “Nama saya Mrigari, musuh binatang. Ayah saya mengajari saya untuk membunuh mereka dengan cara itu. Ketika saya melihat hewan yang setengah terbunuh menderita, saya merasa sangat senang ”. Narada Muni kemudian memberi tahu pemburu bahwa dia memiliki satu hal untuk dimohonkan darinya. Pemburu, mengira bahwa orang suci itu menginginkan salah satu binatang, berkata, “Saya punya banyak kulit jika Anda menginginkannya. Aku akan memberimu kulit rusa atau harimau. " Narada menjawab, “Saya tidak ingin ada kulit dari Anda. Aku hanya ingin kamu berjanji padaku satu hal. Mohon mulai hari ini, jangan biarkan hewan-hewan setengah mati, tetapi bunuh mereka sama sekali ”. Pemburu itu tampak bingung, dan bertanya, "Tapi apa yang salah dengan hewan yang tergeletak di sana setengah mati?"

Narada menjawab, “Jika kamu membiarkan hewan setengah mati, kamu sengaja membuat mereka kesakitan. Oleh karena itu, Anda juga akan mengalami penderitaan yang sama di masa depan. Menjadi pemburu, bisnis Anda adalah membunuh hewan. Itu sudah merupakan pelanggaran ringan, tetapi memberi mereka lebih banyak rasa sakit dengan sengaja adalah dosa besar ”. Narada melanjutkan, "Dalam kehidupan Anda yang akan datang, semua hewan yang telah Anda bunuh akan membunuh Anda, satu demi satu."

Pemburu menjadi termenung. Saat Narada melanjutkan, dia menjadi agak sadar akan sifat berdosa dari kegiatannya, dan takut akan pelanggarannya. Dia berkata, “Saya telah diajari bisnis ini sejak kecil. Apa yang sekarang dapat saya lakukan untuk bebas dari dosa yang telah saya lakukan? Tolong bantu saya, wahai orang suci yang agung ”. Narada Muni meyakinkan pemburu akan bantuannya, dan memintanya untuk mengikuti instruksi sederhana yang akan menjamin keselamatan pemburu.

“Pertama-tama patahkan busurmu dan kemudian aku akan memberitahumu apa yang harus dilakukan”, Narada menginstruksikan.

“Jika saya mematahkan busur saya, bagaimana saya akan mempertahankan diri?”, Mrigari bertanya.

Narada menghiburnya, “Jangan khawatir, aku akan menyediakan makananmu setiap hari”.

Yakin dengan perkataan Narada, Mrigari segera mematahkan busurnya menjadi dua, dan membuangnya ke samping. Dia jatuh di kaki orang suci itu, sebagai tanda penyerahan diri. Narada kemudian menyarankan pemburu itu

pulang ke rumah dan membagikan kekayaan apa pun yang dia miliki kepada para brahmana murni dan orang suci lainnya. . Dia menyuruhnya untuk meninggalkan rumah bersama istrinya, hanya membawa sedikit kain untuk dipakai.

“Tinggalkan rumah dan pergi ke sungai. Di sana Anda harus membangun sebuah pondok kecil. Di depan pondok Anda harus menanam tanaman Tulasi di atas panggung. Setelah menanam pohon Tulasi di depan rumah Anda, Anda harus mengelilingi tanaman setiap hari, dan melayaninya dengan menawarkan air dan barang-barang keberuntungan lainnya seperti dupa dan bunga. Anda harus terus menerus mengucapkan mantra Hare Krishna. Setiap hari, saya akan mengirimkan makanan yang cukup untuk Anda dan istri Anda yang baik. Anda dapat mengambil makanan sebanyak yang Anda inginkan ”.

Setelah menginstruksikan Mrigari, Narada menghidupkan kembali tiga hewan yang setengah mati itu. Mrigari sangat heran. Narada kemudian pergi untuk menyelesaikan ziarahnya. Mrigari kembali ke rumah dan mulai mengikuti instruksi orang bijak dengan tulus dan teliti.

Berita tentang seorang pemburu yang menjadi orang suci yang hebat segera menyebar ke seluruh desa, dan bahkan lebih jauh lagi. Orang-orang mulai mengunjungi untuk mendapatkan darshan (mendapat pergaulan) dari pemburu yang berubah menjadi orang suci. Sebagai kebiasaan, mereka akan membawa hadiah, seringkali berupa makanan. Hasilnya, Mrigari dan istrinya mendapat cukup makanan untuk memberi makan sepuluh atau dua puluh orang. Meskipun demikian, mereka berhati-hati untuk tidak makan berlebihan, dan hanya menerima sebanyak yang mereka butuhkan.

Suatu hari, saat berbicara dengan temannya, Paravata Muni, Narada memintanya untuk ikut dengannya menemui pemburu. Parvata Muni dengan senang hati menerima undangan tersebut. Ketika mereka tiba, Mrigari melihat kedua orang bijak itu dari kejauhan. Bersambung

Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam cerita ini karena
 masih dalam proses pengeditan.

Comments