Doa Sebelum Membaca Buku Sri Caitanya Caritamrita

Buku Caitanya Caritamrta adalah buku yang menceritakan lila(kegiatan) rohani Sri Caitanya Mahaprabhu di Bumi ini. Beliau muncul sekitar 500 tahun yang lalu pada saat Raja Indradyumna memerintah Kerajaan Puri di Odisha, India. Berikut adalah doa sebelum membaca buku tersebut :

jaya jaya śrī-caitanya jaya nityānanda
jayādvaita-candra jaya gaura-bhakta-vṛnda 

Glory to Śrī Caitanya and Nityānanda! Glory to Advaitacandra! And glory to all the devotees of Śrī Gaura [Lord Caitanya]!

Ada sloka atau bait tambahan yang pernah saya dengar dari Guru Kerohanian saya, saya coba mencari sloka versi tulisannya, tetapi tidak kunjung ketemu, berikut sloka lengkap yang dapat telinga saya tangkap dan saya coba menuliskannya. Saya mohon maaf sebesar besarnya apabila ada kesalahan kata atau pengetikan.

sabe mila kripa kari kara karuna
adhama patita jane kari yoginam

cara melafalkan versi Guru kerohanian saya yang tertangkap oleh pendengaran saya: 
kata kari dibaca kori
patita dibaca patito
,karena pada Bahasa Bengali huruf a seringkali dibaca o pada beberapa kata.

Comments