Bank Soal Prakarya KWU Kelas 12 dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Halo teman-teman, berikut adalah kumpulan soal pkwu kelas xii sma beserta jawaban lengkap dengan pembahasannya. semoga ini dapat membantu teman-teman menjawab soal-soal yang diberikan guru! 

1. Dina akan memasarkan produk ke berbagai negara oleh karena itu dina perlu
mengetahui sasaran pasar, maka Sasaran produk kerajinan untuk pasar global
adalah….
A. Anak usia dini
B. Tempat produksi
C. Pasar
D. Wisatawan
E. Orang tua

2. Salah satu yang menjadi alasan wisatawan memilih untuk membeli cinderamata
tanpa melalui online adalah….
A. sebuah bukti pengalaman ketika traveling ke berbagai negara
B. tanda suatu perjalanan
C. oleh-oleh khas negara
D. tidak percaya media online
E. kurangnya promosi kerajinan

3. Promosi merupakan ujung tombak dari pemasaran oleh karena itu memilih
media promosi harus lebih efektif dan efisien dalam pemasaran, maka yang perlu
kita lakukan adalah….
A. memilih konten yang baik
B. melihat sasaran atau target audien yang ingin dituju
C. mencari media online yang tepat
D. melihat prospek usaha
E. memilih produk inovasi

4. Perhatikan data di bawah ini:
1) Menentukan produk untuk di jual
2) menciptakan konten berkualitas dan sisipkan promosi secara tersirat
3) menggunakan produk yang sesuai
4) menciptakan campaign berbeda namun saling berhubungan
5) menggunakan visualisasi sebagai strategi utama
Dari data di atas, manakah yang termasuk ke dalam prosedur pemilihan media
promosi….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

5. Konten berkualitas dalam promosi harus menggunakan kalimat-kalimat yang
simple namun tetap menarik target pasar. Konten dapat dikatakan berkualitas
apabila….
A. mampu menarik produsen untuk menjual
B. mampu menarik minat target pasar untuk membeli
C. mampu menjadikan produk selalu di pajang di toko
D. mampu menarik minat masyarakat
E. mampu menjadikan produk sebagai gaya hidup

6. Yang menjadi alasan paling tepat mengapa pembuatan campaign dalam promosi
dibuat berbeda-beda adalah….
A. Akan memperkuat merek produk pesaing
B. Akan membuat merek produk bersaing dengan produk yang lain
C. Akan memperkuat merek produk itu sendiri dengan di ikuti kepercayaan
masyarakat yang semakin meningkat
D. Akan memperkuat merek produk pesaing dengan di ikuti kepercayaan
masyarakat yang semakin meningkat
E. Akan membuat perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat

7. Ada dua kategori yang wajib diperhatikan dalam pemilihan gambar. Gambar
harus sesuai dengan produk yang akan dipromosikan dan gambar harus mampu
menarik minat target pasar dan mampu mempengaruhi target pasar untuk
membelinya.
Data di atas termasuk ke dalam langkah-langkah prosedur pemilihan media
promosi….
A. menentukan target pasar dan sesuaikan isi promosinya
B. menciptakan konten berkualitas dan sisipkan promosi secara tersirat
C. gunakan Lay Out produk yang sesuai
D. menciptakan campaign berbeda namun saling berhubungan
E. menggunakan visualisasi sebagai strategi utama

8. Pemilihan lay out harus disesuaikan dengan kalimat dan juga gambar yang
digunakan sebagai konten promosi. Lay out dapat membantu target pasar dalam
hal….
A. menyerap informasi produk secara utuh
B. menarik target pasar
C. memperkuat merek produk pesaing
D. menciptakan konten berkualitas
E. menarik minat masyarakat

9. Produsen dan konsumen akan berkomunikasi secara online untuk membuat
kesepakatan pembelian dan cara pembayarannya. Cara pembayaran untuk
promosi produk di pasar global adalah dengan….
A. pembayaran langsung dengan bertemu dengan klien
B. pembayaran langsung melalui bank
C. pembayaran secara kredit
D. pembayaran melalui agen penyalur
E. pembayaran ke konsumen

10. Kita sebagai anak muda juga bisa turut ambil bagian dalam rangka menduniakan
Indonesia di kancah pasar media global melalui karya-karya kreatif dan inovatif
yang tentunya bermafaat dan bisa bersaing di pasaran. Hal ini bisa dimulai
dengan….
A. pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berminat akan kerajinan
B. pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM)
C. pelatihan inovasi produk
D. pendidikan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk
mengolah SDA yang ada, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.
E. Survei pasar dan produk

PEMBAHASAN
1. Sasaran produk kerajinan untuk pasar global adalah wisatawan, mengapa?, karena
wisatawan selalu mencari oleh oleh produk kerajinan tangan untuk dibawa pulang
sebagai pengalaman berwisatanya dan itu akan menjadi promosi dari mulut ke mulut.
2. Salah satu yang menjadi alasan wisatawan memilih untuk membeli cinderamata tanpa
melalui online adalah sebagai sebuah bukti pengalaman ketika traveling ke berbagai
negara yang bisa di pamerekan ke sanak saudaranya.
3. Memilih media promosi harus lebih efektif dan efisien dalam pemasaran, yang perlu
kita lakukan adalah melihat sasaran atau target audien yang ingin dituju, mengapa?
Karena untuk menentukan kira-kira dari media yang ada, mana kiranya yang paling
kita butuhkan dan paling tepat
4. Pemilihan media promosi sangat perlu dicermati dan disesuaikan dengan sasaran
konsumen maka oleh karena itu menciptakan konten berkualitas dan sisipkan
promosi secara tersirat, menciptakan campaign berbeda namun saling berhubungan
dan menggunakan visualisasi sebagai strategi utama merupakan kegiatan promosi
yang perlu digunakan untuk meningkatkan penjualan
5. Dalam teknik ini, konten berkualitas adalah hal yang utama. Konten berkualitas harus
menggunakan kalimat-kalimat yang simple namun tetap menarik target pasar. Konten
dapat dikatakan berkualitas apabila mampu menarik minat target pasar untuk
membeli.
6. Pembuatan campaign yang berbeda-beda secara tidak langsung akan memperkuat
merek produk itu sendiri. Hasilnya produk semakin bertambah nilainya begitu juga
dengan kepercayaan masyarakat yang akan mengikuti.
7. Meningkatkan pemasaran maka memerlukan cara yang sangat menarik salah satunya
adalah dengan visualisasi
8. Lay out bisa jadi memiliki pengaruh yang cukup besar dan dapat membantu target
pasar menyerap informasi produk secara utuh. Pastinya juga lebih menarik bagi target
pasar.
9. Pembayaran merupakan bagian transaksi dalam penjualan dimana hal tersebut
menjadi daya tarik bagi konsumen karena zaman sekarang pembayaran dapat
dilakukan dengan berbagai cara.
10. Cara pembayaran untuk promosi produk di pasar global adalah dengan pembayaran
melalui BANK, apalagi di era seperti sekarang ini yang hamper semua transaksi
dilakukan secara online sekali klik langsung bias melakukan pembayaran tanpa harus
bertemu langsung

Comments

Post a Comment